ALAT PEMBERI PAKAN IKAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO

PROJEK AKHIR

MIKROKONTROLER II

ALAT PEMBERI PAKAN IKAN OTOMATIS

 

 

 

 

 

 

Dosen Pengampu,

SAMUEL BETA K. K., Ing. Tech., M. T.

 

Praktikan :

Adam Maulana                                 4.34.22.1.01

Fadli Hastin A                                   4.34.22.1.08

M. Iqbal Widyatama                        4.34.22.1.13

Riffatunnisa Fauziah Hanum          4.34.22.1.21

 

PROGRAM STUDI S.Tr. TEKNOLOGI REKAYASA ELEKTRONIKA

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

2023/2024

 

 

I.            DASAR TEORI

Arduino UNO

Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital dimana 6 pin input tersebut dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Untuk mendukung mikrokontroler agar dapat digunakan, cukup hanya menghubungkan board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau listrik dengan AC ke adaptor DC atau baterai untuk menjalankannya. Setiap 14 pin digital pada arduino uno dapat digunakan sebagai input dan output, menggunakan fungsi pinMode(), digitalwrite(), dan digitalRead(). Fungsi fungsi tersebut beroperasi di tegangan 5 volt, Setiap pin dapat memberikan atau menerima suatu arus maksimum 40 mA dan mempunyai sebuah resistor pull-up (terputus secara default) 20-50 kOhm.

Motor servo merupakan perangkat atau aktuator putar (motor) yang dirancang dengan sistem kontrol feedback loop tertutup (close loop), sehingga dapat memastikan dan menentukan posisi sudut dari poros output motor. Daya yang dimiliki motor servo bervariasi, mulai beberapa watt sampai ratusan watt. Motor servo digunakan untuk berbagai keperluan seperti sistem pelacakan, peralatan mesin dan lain sebagainya. Motor servo dibagi menjadi dua, yaitu motor serco AC dan DC. 

RTC atau Real Time Clock adalah jam elektronik berupa chip yang dapat menghitung waktu (mulai detik hingga tahun) dengan akurat dan menjaga atau menyimpan data waktu tersebut secara real-time. Jadi sesudah proses hitung waktu dilakukan, output data pribadinya disimpan atau dikirim ke device lain melalui sistem antarmuka. RTC bertujuan untuk menyediakan tanggal dan waktu yang akurat. Pada dasarnya, RTC berfungsi untuk menghitung detik, menit, jam, hari, bulan bahkan tahun ke tahun. 

 

 

 

II.         ALAT dan BAHAN

a.      Arduino Uno

b.     Sensor waktu RTC DS3231

c.      Servo

d.     Kabel jumper

e.      Botol

f.      Gunting

g.     Adaptor

 

III.      
RANGKAIAN dan CARA KERJA

Sensor RTC DS3231 dihubungkan ke Arduino untuk memberikan informasi waktu yang akurat. Sensor ini memiliki baterai internal sehingga dapat menyimpan waktu bahkan ketika Arduino dimatikan. Pengguna dapat mengatur waktu pemberian pakan melalui program Arduino. Biasanya, program ini memungkinkan pengguna untuk mengatur beberapa waktu makan per hari Ketika waktu yang ditentukan tiba, Arduino akan mengirimkan sinyal ke servo motor. Sinyal ini memberitahu servo motor untuk berputar ke sudut tertentu. Servo motor terhubung ke wadah pakan dengan cara mekanis. Ketika servo motor berputar, wadah pakan akan terbuka, memungkinkan pakan jatuh ke dalam air. Setelah waktu yang ditentukan, servo motor akan berputar kembali, menutup wadah pakan

 

IV.      P






 

V.             
FLOWCHART

 



 


VI. KESIMPULAN

                 Alat pemberi pakan ikan merupakan salah satu penerapan arduino uno sebagai mkrokontroler dalam kehidupan sehari- hari dan alat pemberi pakan ikan otomatis ini dapat membantu memudahkan pekerjaan dan ikan dapat makan dengan teratur sesuai jadwal.

Link video 

Comments

Popular posts from this blog

SISTEM MANAJEMEN PARKIR DENGAN PALANG OTOMATIS DAN PEMANTAUAN JUMLAH KENDARAAN BERBASIS ARDUINO IDE

TRACKING SOLAR PANEL DENGAN MOTOR SERVO BERBASIS ARDUINO UNO